Solidaritas Bantuan Pangan Petani Kalsel di Tengah Pandemi COVID-19

Solidaritas Bantuan Pangan Petani Kalsel di Tengah Pandemi COVID-19

Banjarbaru, 16/08/2020 – Solidaritas bantuan pangan terhadap warga terdampak COVID-19. Petani yang tergabung dalam solidaritas pangan mengadakan kegiatan pembagian bahan pangan ke masyarakat dimulai dari Kampung Baru (Lingkar Utara) Kelurahan Landasan Ulin Utara (Laura) Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru pukul 08.00 Wita.

Kegiatan aksi solidaritas ini juga diapresiasi oleh Lurah Laura Ahmad Mawardi, beliau turut hadir dalam pembagian paket sayur ke pengendara yang melintas di jalan lingkar utara. Sebanyak 180 paket yang berisi terong, timun, kacang panjang, bayam, kecipir, slada, jagung, kangkung, daun seledri, dan daun bawang dibagikan.

Lurah Laura bersama solidaritas bantuan pangan

“Saya sangat mendukung berdirinya Serikat Petani Indonesia (SPI) di Kalsel, dan siap memfasilitasi dengan pemerintah Kota Banjarbaru” ujar Mawardi mengapresiasi.

Selain sayuran segar, beras juga ikut dibagikan untuk 6 pondok pesantren dan 4 rumah anak yatim di wilayah Banjarbaru dan sekitarnya.

Adapun total paket yang dibagikan sejumlah 240 paket sayur segar dan 10 karung beras. Ustadz Ali Ridho selaku pemilik tempat yang dijadikan posko solidaritas pangan mengatakan aksi ini bertujuan sebisa mungkin untuk membantu petani dan warga yang terdampak COVID-19.

“Awalnya memang untuk membantu petani, banyak sayur yang tidak terjual karena dihargai sangat murah saat pandemi COVID-19 ini” ujar Ustadz Ali Ridho selaku koordinator lapangan.

Kisworo Dwi Cahyono direktur eksekutif Walhi Kalsel juga terlibat dalam solidaritas pangan ini. Pria yang akrab disapa Cak Kis sangat mengharapkan kegiatan yang diturunkan dari Serikat Petani Indonesia (SPI) ini dapat membantu petani lokal mengurangi dampak COVID-19.

“Saya harapkan kegiatan ini mengurangi beban petani yang terdampak COVID-19 agar sayur yang dihasilkan mereka mendapatkan harga wajar” terang Kisworo.

Pendamping rumah anak yatim Ar-Rahmah di jalan kebun duren Iwan juga menunjukan apresiasinya. “Saya sangat berterima kasih terhadap kawan-kawan petani atas bantuan solidaritas pangan di tengah pandemi ini. Semoga berkah” ujarnya.

walhikalsel

Non-Governmental Organization

Leave a Reply

Close Menu